Pengalaman Apply Visa Amerika DS 160

 Hi Teman- Teman, saya mau berbagi pengalaman tentang apply visa ke Amerika untuk DS 160 ( Visa Turis ). Buat saya pribadi syarat dan proses nya juga mudah dan semoga informasi yang saya bagikan ini dapat menjadi referensi buat teman-teman yang sedang mengajukan visa DS 160.

Pengisian Formulir

Ini adalah kali pertama saya mengajukan visa dan tentu saja hal pertama yang wajib dilakukan adalah   mengisi formulir. Untuk pengisian formulir sendiri sepenuhnya di bantu oleh agen untuk menghindari         pengisian salah dan informasi yang tidak relevan yang bisa saja menjadi jebakan dan menggagalkan        proses untuk memperoleh visa. 

Berdasarkan rekomendasi dari teman kantor yang sudah berhasil mendapatkan visa DS 160, saya            memilih Artalex Digital yang beralamat di Jl. H.Agus Salam # 56 Jakarta. Agen ini awalnya adalah sebuah studio foto namun entah mengapa berubah menjadi agen pengurusan visa. Mereka tidak hanya membantu pengisian formulir visa untuk Amerika , namun juga visa negara lain seperti Canada, Australia, Eropa , China dan beberapa negara lain yang saya tidak ingat lagi. Teman-teman bisa menghubungi Artalex digital di nomor WhatsApp +62 816-4842-826.

Ada 2 jenis formulir yang dikirim oleh Artalex Digital untuk saya isi yaitu form visa A dan form visa B. Tentu saja seluruh informasi yang saya isi harus sesuai dengan kondisi yang sesungguhnya.Beberapa informasi yang harus di isi pada form tersebut antara lain :

Form Visa A

  1. Data Pribadi
  2. Informasi tentang social media 
  3. Informasi Passport
  4. Rencana perjalanan dan pembiayaan 
  5. Informasi tentang visa Amerika apabila pernah mengajukan sebelumnya
Form Visa B
  1. Informasi kontak person di Amerika
  2. Informasi keluarga
  3. Informasi pasangan
  4. Informasi pekerjaan / pendidikan
  5. Informasi pendidikan dan pekerjaan sebelumnya
Setelah saya mengisi kedua formulir di atas, Artalex Digital kemudian mengirimkan dokumen tersebut secara online ke Kedutaan Amerika di Jakarta yang dilampirkan  dengan pas foto 5 x 5 dengan latar belakang putih, scan KTP dan scan Passport yang masih berlaku.

Pembayaran Visa

Pembayaran untuk pengajuan visa langsung dilakukan oleh Artalex digital dengan mentransfer biaya visa ke rekening bank yang resmi kedutaan Amerika. Saat itu saya membayar sekitar Rp 3,360,000 yang terdiri dari visa fee sekitar Rp 2,860,000 dan fee untuk agen sekitar Rp 500,000.

Jadwal Interview dan Kelengkapan dokumen

Pada saat agen men submit dokumen , di saat itu juga saya bisa memilih jadwal interview yang disesuaikan dengan ketersedian jadwal interview dan juga preferensi hari dan waktu yang saya inginkan. 

Berikut adalah dokumen-dokumen yang harus saya siapkan untuk di bawa saat proses interview:

  1. Paspor asli baru + lama (bila ada) 
  2. Konfirmasi DS 160
  3. Surat Konfirmasi untuk jadwal interview
  4. Bukti pembayaran visa
  5. Foto 5x5 = 2 lembar background putih
  6. Rekening koran / buku tabungan asli 3 bulan terakhir.
  7. Akte lahir asli
  8. Surat keterangan kerja bagi yang bekerja 
Proses Interview

Proses interview di Kedutaan dibuka mulai pukul 7.30 WIB dan saya memilih pukul 7.45 pagi untuk menghindari antrian di bawah terik matahari.
Disarankan untuk hadir 30 menil lebih awal dari jadwal interview dan saat itu saya memilih berangkat lebih pagi dari penginapan yang tak jauh dari keduataan dan tiba pukul 7,15 pagi. Saat saya tiba ternyata sudah cukup banyak orang yang antri . Proses masuk kedalam gedung kedutaan cukup ketat dan harus melewati screening beberapa lapis. 
Saya sarankan untuk tidak membawa terlalu banyak barang bawaan di dalam tas. Saat itu saya hanya membawa dokumen -dokumen yang saya tarus di map platik putih, handphone dan dompet dan saat itu saya hanya diperbolehkan membawa dokumen dan dompet saja. 
Beberapa barang yang saya lihat harus di tinggalkan di loker sekuriti antara lain : laptop, handphone, jam tangan, tali pinggang, headset bluetooth . Yang pasti hanya boleh membawa tas berisi dompet dan dokumen saja ke dalam gedung kedutaan. 

Setelah melewati pemeriksaan security, saya memasuki gedung dan mengantri untuk melewati 3 loket , antara lain :
  • Loket Pemeriksaan dokumen. Di Loket ini dokumen yang kita serahkan adalah passport dan KTP dimana passport akan di tempel stiker yang sudah di beri barcode.
  • Loket kedua adalah loket untuk pengambilan sidik jari
  • Loket ketiga adalah loket untuk interview , bagian yang sedikit menegangkan.
Pada saat wawancara,adapun pertanyaan-pertanyaan yang diajukan sekitar informasi yang di tuliskan pada formulir visa, Jadi kuasai setiap informasi yang di isi pada formulir dan isilah sesuai dengan kondisi sesungguhnya. Proses interview saya hanya 5 menit dan hanya di ajukan 8 pertanyaan, bahkan dokumen yang saya siapkan dari rumah tidak di periksa sama sekali. Berikut adalah pertanyaan-pertanyaan yang diajukan ke saya :
  1. Tujuan berkunjung ke US
  2. Daerah yang akan dikunjungi di US
  3. Dengan siapa berangkat ke US
  4. Pekerjaan dan sejak tahun berapa bekerja di perusahaan yang sekarang
  5. Tempat bekerja sebelum bekerja di tempat yang sekarang
  6. Apakah ada teman di US
  7. Negara mana yang pernah di kunjungi sebelumnya
Puji Tuhan , seluruh pertanyaan saya jawab dengan baik sesuai dengan informasi di formulir saya dan saya berhasil memperoleh visa selama 5 tahun. 

Pengambilan Passport

Hal yang paling saya suka dari proses aplikasi visa DS 160 di keduataan Amerika adalah seluruh proses dari pengjuan formulir , wawancara dan pengambulan passport berlangsung cepat. Proses pengajuan sampai penengtuan jadwal interview hanya 3 minggu dan proses pengambilan passport hanya sehari setelah interview. Saya sangat kagum dengan pelayanan seluruh staff di kedutaan Amerika, semunya sangat ramah dan profesional.

Biaya-Biaya

Karena saya tinggal di Lombok, tentu saja ada biaya extra yang saya keuarkan untuk proses pengajuan visa ini. Adapun rincian biaya utama yang saya  keluarkan adalah :
  1.  Biaya visa dan fee agen                      3,360,000
  2. Pesawat pp Lombok - Jakarta              2, 850,000
  3. Hostel 1 malam                                        294,000 
  4. Airport transfer pp CKG - Gambir          190,000 
Bagi teman-teman yang berada di daerah yang tidak tersedia Kantor Kedutaan US dan harus terbang ke Jakarta untuk interview, saya sarankan menginap di Konko Hostel. Hostel ini berada di belakang kedutaan US sehingga hanya membutuhkan waktu 5 menit untuk berjalan kaki ke Kedutaan . Lokasi nya sangat strategis dekat dengan stasiun Gambir , harganya murah mulai dari harga Rp 180,000 dan tentu saja tempatnya bersih. 
Saya akan bagikan tips mengisi formulir berdasarkan pengalaman saya pada postingan berikut nya.
Bagi teman-teman yang igin tanya-tanya seputar proses aplikasi visa DS 160, silahkan dm saya di instagram @ellenpandia.

Tetap semangat dan salam sehat dari tropical islan Lombok.

Comments

Popular posts from this blog

Dear Matheo

A letter to my friend

A letter to my friend # 2